Welcome..!!!

Saya ucapkan terimakasih karena telah "nyasar" ke blog saya. Semoga Blog ini berguna bagi kita semua..... Amien....

Jumat, 10 Desember 2010

KONSEP ORGANISASI SEKOLAH

1. Organisasi :
    a. Realitas
        1). Sering dikacaukan dengan pengertian manajemen
        2). Sulit dipisahkan dengan manajemen.
    b. Definisi

      Organisasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bekerja sama secara terstruktur untuk    mencapai tujuan tertentu.

2). Manajemen
     Dapat didefinisikan sebagai seni mencapai sesuatu melalui orang lain.Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.

2. Aspek-aspek Organisasi

a. Struktur atau susunan
b. Penyusunan atau penempatan orang-orang
     1). Kerjasama
     2). Kewajiban-kewajiban, hak-hak, dan tanggung jawab
     3). Tujuan bersama

2. Organisasi <------> Para Pelaksana

a. Pembagian kerja
b. Pengolong-golongan jenis pekerjaan
c. Pemberian wewenang
d. Saluran perintah
e. Tanggung jawab

3. Sekolah

a. Gedung
b. Lingkungan
c. Fungsi-fungsi
d. Program-program
e. Unsur/komponen
    1). Personal :
          a). Kepala Sekolah
          b). Guru
          c). Karyawan
          d). Murid
          e). ……………………….. dll.

    2). Material : Nonpersonal
         a). Kurikulum
         b). Media, sumber belajar, dan peralatan pembelajaran
         c). Perlengkapan pendukung
         d). Dana

4. Organisasi Sekolah

Robert J.Krajewski, 1983:

An organization as complex as the elementary school is only as good as the people who manage it.”.

a. Aspek-aspek Organisasi Sekolah
    1). Tugas dan tanggung jawab
          a). Proporsional pembagian
          b). Kesesuaian dengan
               1). Kemampuan
               2). Fungsi
               3). Wewenang/tanggung jawab.

b. Struktur organisasi sekolah
     1). Individu mengetahui tugas, wewenang, dan tanggung jawab
     2). Terhindar pola kepemimpinan otoriter
     3). Terdukung
           a). Pola kerja demokratis
           b). Partisipasi aktif seluruh unsure/komponen sekolah
           c). Terpupuk suasana/kehidupan sekolah yang paedagogis.
    4). Kepala sekolah : Organisator dan pemimpin bertanggung jawab  mengelola seluruh sumber daya/komponen sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar