1. Organisasi :
a. Realitas
1). Sering dikacaukan dengan pengertian manajemen
2). Sulit dipisahkan dengan manajemen.
b. Definisi
Organisasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bekerja sama secara terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.
Dapat didefinisikan sebagai seni mencapai sesuatu melalui orang lain.Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
2. Aspek-aspek Organisasi
a. Struktur atau susunan
b. Penyusunan atau penempatan orang-orang
1). Kerjasama
2). Kewajiban-kewajiban, hak-hak, dan tanggung jawab
3). Tujuan bersama
2. Organisasi <------> Para Pelaksana
a. Pembagian kerja
b. Pengolong-golongan jenis pekerjaan
c. Pemberian wewenang
d. Saluran perintah
e. Tanggung jawab
3. Sekolah
a. Gedung
b. Lingkungan
c. Fungsi-fungsi
d. Program-program
e. Unsur/komponen
1). Personal :
a). Kepala Sekolah
b). Guru
c). Karyawan
d). Murid
e). ……………………….. dll.
2). Material : Nonpersonal
a). Kurikulum
b). Media, sumber belajar, dan peralatan pembelajaran
c). Perlengkapan pendukung
d). Dana
4. Organisasi Sekolah
Robert J.Krajewski, 1983:
“An organization as complex as the elementary school is only as good as the people who manage it.”.
a. Aspek-aspek Organisasi Sekolah
1). Tugas dan tanggung jawab
a). Proporsional pembagian
b). Kesesuaian dengan
1). Kemampuan
2). Fungsi
3). Wewenang/tanggung jawab.
b. Struktur organisasi sekolah
1). Individu mengetahui tugas, wewenang, dan tanggung jawab
2). Terhindar pola kepemimpinan otoriter
3). Terdukung
a). Pola kerja demokratis
b). Partisipasi aktif seluruh unsure/komponen sekolah
c). Terpupuk suasana/kehidupan sekolah yang paedagogis.
4). Kepala sekolah : Organisator dan pemimpin bertanggung jawab mengelola seluruh sumber daya/komponen sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar